Pembelajaran Tatap Muka Kembali Dimulai, Sekolah Perlu Memulihkan Penurunan Kemampuan Siswa

Justru terjadi paradoks ketika sektor lain sudah lebih dulu dibuka, tapi sekolah malah masih ditutup sampai hari ini. Malah, lanjutnya, sekolah jadi tempat pertama yang ditutup di awal pandemi. Dicky melanjutkan bahwa kemudian ketika pandemi berangsur membaik atau mulai terjadi pelonggaran, yang pertama harus dibuka itu sekolah. Namun foto ini, yang diambil sebelumnya, melambangkan pendekatan negara ini terhadap penanganan COVID-19. IDAI mencatat bahwa satu dari sembilan kasus konfirmasi COVID-19 adalah anak usia 0-18 tahun. Data IDAI per tanggal 29 November 2020 bahkan menunjukkan proporsi kematian anak akibat COVID-19 dibanding seluruh kasus kematian di Indonesia tertinggi di Asia Pasifik dengan angka 3,2%.

Tatap muka bagi anak SD

Sementara itu pada 4-15 Januari 2021 pembelajaran untuk Paud, SD dan SMP sederajat di daerah itu masih dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau belajar dari rumah. Terpisah ketua MKKS SMP Saiful Bahri statment yang pernah disampaikan oleh H. Hendy Siswanto Bupati jember terpilih periode 2021 saat silaturahim dengan MKKS dan FKKS, beliau sudah menyatakan pembelajaran tatap muka dilaksanakan 1 Maret 2021. Sistem pendidikan secara BDR perlu dibuat aturan khusus terkait di dalamnya. Kementerian yg menaungi kebijakan ini harus melihat secara baik di lapangan dengan kondisi Sosial Masyarakat, Ekonomi, Sumber Daya Manusia hingaa sarana prasarana penunjang apakah sudah bisa dan mumpuni untuk melaksanakan pendidikan secara daring.

Segala persiapan sudah dilakukan Pemerintah Kota Jambi, termasuk sudah dilakukan simulasi di sejumlah sekolah. Akses puluhan ribu soal dan pembahasan free of charge untuk belajar di sekolah dan di rumah. Tersedia dalam berbagai format, dari kuis online, tautan kuis, file, maupun cetakan-cetakan.

Terakhir, tim verifikasi memeriksa setiap kelas untuk memastikan tempat duduk siswa berjarak kemudian adanya tempat cuci tangan di setiap ruang kelas, serta tersedia hand sanitizer. Untuk itu kami membolehkan PTM, namun dengan berbagai syarat yang cukup ketat untuk menghindari penularan virus corona. Menurut Ery, hingga saat ini lebih dari 98 persen guru maupun tenaga kependidikan di Sleman sudah menerima vaksinasi. Sedangkan sisanya belum menerima disebabkan memiliki komorbit dan sebelumnya sempat terpapar COVID-19.

Pada akhirnya proses penilaian yang dilakukan juga lebih terukur dan efektif karena dinilai dari seluruh aspek termasuk kinerja, keaktifan, kreativitas, serta hasil karya atau praktik setiap siswa. Apabila orangtua benar-benar mendampingi dan mengawasi anaknya saat BDR tentu saja kemungkinan anak untuk melakukan aktivitas lain dapat diminimalisir. Selama KBM daring diakui komunikasi dan interaksi antara guru dengan murid maupun antara sesama murid menjadi terhambat dan tidak berjalan dengan optimal. Kondisi ini membuat Mendikbud mencoba mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memudahkan dan mengakomodir Kendala para guru juga para murid, seperti penyederhanaan kurikulum, pemberian kuota free of charge dan lainnya. Ia melanjutkan, pihaknya belum memberikan sanksi terhadap pihak sekolah namun sudah memberikan teguran agar jika mengadakam kegiatan berkoordinasi dengan satgas Covid-19.

Untuk mencapai ketiga target tersebut, Nadiem mendorong pemerintah daerah memprioritaskan vaksinasi COVID-19 para pendidik dan tenaga kependidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan sistem pembelajaran tersebut berbeda dengan pembelajaran tatap muka sebelum pandemi Covid-19 atau bersifat terbatas. “KPAI juga mendorong pembelajaran tatap muka dapat digunakan untuk memberdayakan para guru Bimbingan dan Konseling melayani konseling Slot Online Terpercaya anak-anak yang mengalami tekanan psikologis selama pandemi Covid-19,” ungkap Jasra. KPAI mendorong kebijakan Belajar dari Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh harus diperbaiki agar dapat melayani semua anak dan mengatasi turunnya kualitas pendidikan. Menanggapi hal tersebut, Komisi Perlindungan Anak Indonesia pun mengeluarkan 14 rekomendasi mereka terkait pelaksanaan sekolah tatap muka. Darmanto menegaskan, sekolah peserta PTM harus memenuhi SOP yang ditentukan.

Studi menemukan bahwa ketika anak tidak lagi datang ke sekolah, terdapat peningkatan risiko untuk pernikahan dini, eksploitasi anak terutama perempuan, kekerasan, dan kehamilan remaja. Mendapat persetujuan dari komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan oleh seluruh institusi pendidikan sejak pertengahan tahun 2020.

“Saat kami memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka langsung. Maka protokol kesehatan harus dilaksanakan,” tandasnya. Salah satunya adalah kebijakan dalam dunia pendidikan, di mana para siswa dipaksa untuk mengikuti pembelajaran tanpa tatap muka. Dan lebih dari satu tahun anak anak bersekolah secara Daring atau Online. Para siswa diharuskan mengikuti proses pembelajaran melalui fasilitas internet.

Idealnya sebelum membuka sekolah, semua anak, guru dan petugas sekolah melakukan pemeriksaan swab, dan secara ulangan melakukan pemeriksaan swab ulangan untuk quality control protokol kesehatan di sekolah. , anak dan orang tua diberi kebebasan memilih metode pembelajaran luring atau daring. Apa pun pilihan metode pembelajaran anak, maka ia harus mendapatkan hak dan perlakuan yang sama. “Murid masuk seminggu tiga kali, cuci tangan, pakai masker, jaga jarak adalah kewajiban yang harus ditaati,” lanjut Jayus. Berkaca pada hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menuturkan, maka di bulan Juli 2021 mendatang sekolah tatap muka dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Doni menegaskan, pembelajaran jarak jauh dapat dimaksimalkan dalam kondisi saat ini. Berdasarkan informasi awal penularan tersebut maka penjelasan untuk penerapan 3M seharusnya lebih mudah untuk dipahami. Dengan mencuci tangan misalnya, pencegahan penularan tidak langsung bisa dilakukan.